Taman Nasional Gunung Palung

Siap Bangun Negara, M. Ishaq Dwi Putra

2 months ago

Indonesiabaik.id - Tahukah kamu ada Taman Nasional Gunung Palung? Ya, terletak di perbatasan antara Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayon Utara di Kalimantan Barat, Taman Nasional Gunung Palung (TNGP/TN Gunung Palung) merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia.  Secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 1990, Taman Nasional Gunung Palung mencakup area seluas kurang lebih 90 ribu hektare yang mengandung banyak spesies hewan termasuk burung, mamalia, dan juga flora langka lainnya. Daya tarik utama taman nasional adalah berbagai primata dengan ciri khas terletak pada orangutan (Pongo satyrus), dan Tupai Kenari (Reithrosciurus macrotis) yang sudah amat langka.

Hewan lain yang juga tinggal di TNGP adalah rusa hutan (Muntiacus muntjak pleiharicus), beruang madu (Helarctos malayanus euryspilus), klampiau (Hylobates muelleri), lemur (Nyticebus coucang borneanus), rangkong badak (Buceros rhinoceros borneoensis), kancil (Tragulus napu borneanus), ayam hutan (Gallus gallus), enggang gading (Rhinoplax vigil), Buaya Siam (Crocodylus siamensis), penyu Gading (Orlitia borneensis), penyu tempayan (caretta caretta).

Serupa dengan hutan lainnya di Kalimantan Barat, Taman Nasional Gunung Palung didekorasi dengan berbagai jenis flora termasuk: jelutung (Dyera costulata), ramin (Gonystylus bancanus), damar (Agathis borneensis), pulai (Alstonia scholaris), rengas (Gluta renghas),  Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri), Bruguiera sp., Lumnitzera sp., Rhizophora sp., Sonneratia sp, strangler ara, dan banyak tanaman herbal. Bunga spesial yang ditemukan di taman nasional ini adalah anggrek hitam eksotis (Coelogyne pandurata). Keindahan tropis dapat dengan mudah ditemukan di dekat Sungai Matan terutama di bulan Februari sampai April ketika banyak mekar penuh.

Sebagai Taman Nasional, pentingnya Gunung Palung Park tidak hanya terbatas pada negara ini, tetapi juga ke seluruh dunia karena flora dan fauna yang beragam berperan sebagai salah satu ekosistem bio-diversitas terkaya di dunia. Setidaknya ada 7 jenis vegetasi yang ditemukan di dalam Taman Nasional Gunung Palung, termasuk hutan mangrove, hutan rawa, hutan aluvial, dataran rendah tropis, hutan dataran tinggi tropis, dan hutan sub-alpine.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • taman nasional
  • taman nasional gunung palung
  • taman nasional di indonesia
  • taman nasional di kalimantan

Motion Grafis Terkait