Tingkatkan Kualitas SDM dengan Kartu Pra Kerja

Yuli Nurhanisah , Ananda Syaifullah

one month ago


Indonesiabaik.id - Pemerintah telah menyiapkan Kartu Pra Kerja untuk 2 juta tenaga kerja yang dipersiapkan untuk masuk pra kerja. Dengan anggaran keseluruhannya mencapai Rp10 triliun, Kartu Pra Kerja akan dilaunching 2-3 bulan mendatang.

Kartu Pra Kerja

Untuk meningkatkan akses keterampilan bagi anak-anak muda, para pencari kerja, dan mereka yang mau berganti pekerjaan, Pemerintah pada tahun 2020 akan menginisiasi program kartu Pra Kerja. Pemerintah menganggarkan Belanja Negara pada tahun anggaran 2020 sebesar Rp2.528,8 triliun, atau sekitar 14,5% dari PDB (Product Domestik Bruto).

Kartu Pra Kerja tahun 2020 akan diberikan kepada dua juta penerima manfaat. Adapun mekanisme penyaluran Kartu Pra Kerja akan dilaksanakan dalam dua bentuk, pertama: Kartu Pra Kerja akses Reguler, dengan target sasaran sebanyak 500 ribu orang. Yang kedua, Kartu Pra Kerja akses Digital dengan target sasaran 1,5 juta orang utamanya untuk kelompok usia muda (skilling dan re-skilling).

Manfaat Kartu Pra Kerja

Pemanfaatan kartu pra kerja adalah untuk triple skilling untuk upskilling, re-skilling, dan juga untuk pelatihan itu sendiri. Sifat daripada pelatihan adalah menggunakan lembaga-lembaga pelatihan baik itu yang dimiliki oleh kementerian maupun yang dimiliki oleh dunia swasta. Sesuai arahan Presiden, pemerintah akan kembangkan supply dan demand dari segi kebutuhan lapangan pekerjaan.

Untuk pelaksanaan Kartu Pra Kerja ini  akan dibuat semacam project management office (PMO). Sifat daripada kartu yang bermanfaat ini adalah many to many multi to multi. Pemerintah juga membuat mekanisme bagaimana melakukan tracking dan bagaimana memberikan pelatihan kepada lembaga pelatihan yang sudah dalam “diakreditasi” dan bisa dilakukan oleh masyarakat.



    Tag :
  • kartu pra kerja
  • anggaran kartu pra kerja
  • tujuan kartu pra kerja
  • jumlah penerima manfaat kartu Pra Kerja
  • kemenkeu
  • kementerian keuangan
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Motion Grafis Terkait