Lihat Semua : videografis

Beras Petani Pasti Diserap Bulog


Dipublikasikan pada 23 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 143

indonesiabaik.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa beras hasil panen petani akan diserap oleh pemerintah melalui Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Polemik Beras Impor

Polemik seputar impor beras sempat ramai beredar di masyarakat. Untuk itu, Presiden memastikan bahwa tidak akan ada beras impor yang masuk ke Indonesia sampai pertengahan tahun ini. Indonesia bahkan sudah tidak mengimpor beras hampir tiga tahun ini.

“Saya pastikan bahwa sampai bulan Juni 2021, tidak ada beras impor yang masuk ke negara kita, Indonesia,” tegas Presiden.

MoU Hanya Untuk Antisipasi

Nota Kesepahaman atau MoU dengan Thailand dan Vietnam yang ada hanyalah sebagai langkah antisipasi. Menurut Presiden, kesepahaman itu memang ada namun hanya untuk berjaga-jaga, mengingat situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian. Presiden pun meminta agar polemik tersebut dihentikan karena dapat mempengaruhi harga gabah di tingkat petani.

Stok Beras Aman

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyatakan, stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) mencapai batas aman yaitu satu juta ton. Peningkatan cadangan tersebut dicapai setelah hampir sebulan penuh Bulog memantau pelaksanaan penyerapan gabah beras petani pada musim panen raya tahun ini.

Bahkan, Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani (GSGP) Kementerian Pertanian juga bersinergi dengan Bulog serta stakeholder lainnya untuk terus mengawal panen dan penyerapan hasilnya pada panen raya padi periode Maret-April 2021 yang berlangsung di seluruh daerah.



Videografis Terkait