Cara Pembuatan Gula Rafinasi

  • Cara Pembuatan
  • Gula Rafinasi
Ananda Syaifullah,Resi Prasasti

one month ago

57

dilihat

Indonesiabaiks.id - Gula Kristal Rafinasi adalah gula yang dipergunakan sebagai bahan baku proses produksi. Gula Rafininasi memiliki kualitas kemurnian yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, gula rafinasi dibuat dengan cara melakukan proses pengolahan raw sugar dan tebu lokal. Dalam proses pembuatannya gula kristal rafinasi melalui 9 tahap.

Proses yang pertama adalah afinasi, yaitu penghilangan molasses (lapisan tetes) yang melapisi Kristal gula. Dilanjutkan dengan membuang pengotor non sugar yang ada dalam leburan (melt liquor), proses ini dinamakan karbonatasi. Yang ketiga yaitu filtrasi. Filtrasi merupakan proses untuk memisahkan antara endapan  dan filtrate yang bersih. Dan yang keempat adalah penukaran ion.

Selanjutnya ada proses evaporasi, yaitu proses penguapan air dalam Fine Liquor yang dilakukan secara bertahap. Setelah itu dilanjutkan dengan kristalisasi di mana gula (sukrosa) mendapatkan Kristal sebanyak-banyaknya. Lalu proses pemutaran dryer and coller, untuk memisahkan antara Kristal dan larutan. Lanjut ke proses pengeringan dan yang terakhir adalah pengepakan yaitu Kristal gula rafinasi hasil pengayakan selanjutnya ditampung dalam sugar bin,  untuk selanjutnya ditimbang dan dikemas dalam karung dengan berat 50kg atau 1 ton.



Videografis Terkait