Inilah Ketangguhan Si Kora-Kora

RM Ksatria Bhumi Persada,Ananda Syaifullah

5 months ago

251

dilihat

Kora-kora adalah sejenis perahu besar bercadik kembar berganda, bertiang tiga yang digerakkan dayung atau layar, kata ini berasal dari bahasa Spanyol Carraca yang berarti dua anak dari ikan toni (ikan terbang) yang memiliki nama ilmiah Cypsilurus Poecilopterus.

Perahu Kora-Kora memiliki nilai historis tersendiri bagi masyarakat Ternate, Maluku yang salah satu keahliannya membuat perahu. Terwujudnya perahu Kora-Kora dimulai sejak zaman penjajahan Portugis di tahun 1200. Saat itu Portugis bermaksud menguasai kekayaan rempah-rempah yang ada di Maluku. Maka, dibuatlah perahu kora-kora besar sebagai armada perang di laut yang berbentuk mirip perahu naga cina.

Selain digunakan untuk memerangi Portugis, Spanyol, dan Belanda, perahu kora-kora juga dijadikan sebagai perahu komoditi yang digunakan untuk perdagangan antarpulau. Saat ini, perahu kora-kora digunakan untuk ritual dan kegiatan festival lomba adu dayung sebagai bagian atraksi wisata kepada wisatawan domestik ataupun internasional.

Perahu Kora-Kora 90 persen dibuat dari kayu Gofasa dan 10 persennya menggunakan jenis kayu Marfala. Panjang perahu kora-kora saat ini adalah 8,5 meter dengan lebar 1 meter dan tinggi 0,8 meter.



Videografis Terkait

0