Lihat Semua : videografis

Makmur Tanpa Membakar Lahan


Dipublikasikan pada 4 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 304

Indonesiabaik.id   -   Membuka lahan dengan dibakar dan ladang berpindah-pindah bagi sebagian petani adalah hal yang biasa karena sudah menjadi tradisi turun-temurun dari nenek moyang. Namun hal itu telah lama ditinggalkan oleh sebagian petani di Desa Mengkiang yang berada di aliran Sungai Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Keberhasilan para petani yang melakukan pembukaan lahan tanpa bakar tidak lepas dari peran dan binaan PT Finanntara Intiga, unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas di Kalimantan Barat melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

APP Sinar Mas menjalankan program DMPA dengan mendukung masyarakat untuk mengelola lahan dengan metode agroforestri, yakni bercocok tanam tumpang sari hortikultura (sayur dan buah), tanaman pangan, peternakan dan perikanan serta industri kecil-menengah untuk olahan pangan, baik untuk konsumsi sendiri maupun dijual sebagai alternatif sumber penghasilan keluarga.

Program DMPA di Kalimantan Barat telah memberikan pendampingan terhadap 329 kepala keluarga di 18 desa dengan target tambahan tiga desa hingga akhir tahun 2019. 



Videografis Terkait