Lihat Semua : videografis

Manggarai, Stasiun Sentral Pertama Termegah


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 186

indonesiabaik.id - Manggarai akan jadi stasiun sentral yakni pusat pelayanan perjalanan kereta komuter, bandara dan jarak jauh.

Pembangunan Stasiun Manggarai

Jika dibandingkan dengan ibu kota negara-negara tetangga di kawasan ASEAN,  Jakarta dinilai masih tertinggal. Jika dibandingkan seperti misalnya Kuala Lumpur, Malaysia sudah rampung sejak 2001 silam. Atau misal Bangkok tengah menggarap proyek Stasiun Sentral Bang Sue yang ditargetkan rampung pada 2021 dan digadang-gadang akan menjadi stasiun terbesar di Asia Tenggara.

Maka karena itu, untuk memenuhi tuntutann perkembangan transportasi kereta api, dibangunlah Stasiun Manggarai, menjadi stasiun sentral termegah di Ibu Kota Indonesia, Jakarta.

Stasiun Termegah

Manggarai disebut menjadi stasiun tersibuk di Indonesia. Ada 726 perjalanan kereta melintas tiap harinya dengan penumpangnya yang membludak hingga 100.000 orang per hari. Jika sudah menjadi diberlakukan sebagai stasiun sentral maka bisa diperkirakan meningkat 2-3 kali.

Dengan areanya 2,47 hektare, kini tengah dibangun 3 lantai. Dsri jumlah sebelumnya sembilan, kini akan dilengkapi menjadi 18 lintasan rel kereta. Kelak, lantai dasar akan punya 8 lintasan, lalu lantai 1 menjadi pusat pelayanan penumpang dan lantai 2 akan berisi 10 lintasan.

Sekitar area stasiun akan terus ditata kelola agar lokasinya semakin bersih, nyaman, dan tertib. Rencananya akan dikembangkan juga pusat bisnis dan transit oriented development. Dibangunnya sentral Manggarai, membuktikan bahwa kita tidak tertinggal dari negara lain.



Videografis Terkait