Meningkatkan Infrastruktur Komunikasi, Logistik & Keamanan Siber

  • ecommerce
  • program
  • Infrastruktur
Siap Bangun Negara,M. Ishaq Dwi Putra

2 months ago

87

dilihat

Indonesia adalah salah satu pengguna internet terbesar di dunia, mencapai 93,4 juta orang dan pengguna telepon pintar (smartphone) mencapai 71 juta orang. Dengan potensi yang besar, pemerintah menargetkan bisa tercipta 1.000 technopreneurs dengan valuasi bisnis sebesar USD 10 miliar dengan nilai e-commerce mencapai USD 130 miliar pada tahun 2020.

Untuk itu pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden tentang Peta Jalan E-Commerce untuk mendorong perluasan dan peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia secara efisien dan terkoneksi secara global. Peta jalan e-commerce ini sekaligus dapat mendorong kreasi, inovasi, dan invensi kegiatan ekonomi baru di kalangan generasi muda.

Dalam hal pengembangan logistic e-commerce, akan dilakukan melalui pemanfaatan Sistem Logistik Nasional (Sislognas), penguatan perusahaan kurir lokal/nasional, pengembangan alih data logistik UMKM; dan pengembangan logistik dari desa ke kota.

Dalam road map itu pemerintah juga harus membangun infrastruktur komunikasi melalui pembangunan jaringan broadband. Juga menjamin keamanan siber (cyber security) dengan penyusunan model sistem pengawasan nasional dalam transaksi e-commerce, public awareness tentang kejahatan dunia maya; dan penyusunan SOP terkait penyimpanan data konsumen, sertifikasi untuk keamanan data konsumen.



Videografis Terkait