Meningkatkan Kesejahteraan dan Produktivitas Buruh

  • Buruh
  • Kesejahteraan Buruh
  • Rusunawa
  • UMP
Ananda Syaifullah,Vadhia Lidyana

one month ago

84

dilihat

Indonesiabaik.idSelama 3 tahun kepemimpinan Jokwi-JK, Pemerintah terus berupaya menyejahterakan tingkat ekonomi para buruh. Jalan untuk mewujudkan kesejahteraan para buruh salah satunya melalui peningkatan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan memfasilitasi unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

Apa itu UMP dan Rusunawa?

UMP adalah upah minimum yang berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di satu provinsi untuk memenuhi Kebutuhan Hidup Layak (KHL) bagi pegawai, karyawan dan buruh. Rusunawa adalah rumah susun sederhana yang disewakan kepada masyarakat perkotaan yang tidak mampu untuk membeli rumah atau yang ingin tinggal untuk sementara waktu, misalnya para mahasiswa, pekerja temporer dan lain lainnya.

UMP tahun 2017 meningkat 3 kali lipat dari tahun 2007 yang hanya Rp673 ribu. Jumlah pekerja yang menghuni di rusunawa pu meningkat di tahun 2017, sudah ada 3.019 pekerja yang menghuni rusunawa, jumlah ini meningkat 2 kali lipat dari tahun 2015 yang hanya 1.892 pekerja.

Dengan peningkatan UMP dan ketersediaan fasilitas rusunawa, diharapkan akan semakin meningkatkan produktivitas para pekerja.

 



Videografis Terkait