Lihat Semua : videografis

Rebana, Metropolitan Ketiga di Jawa Barat


Dipublikasikan pada 11 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Ananda Syaifullah /   View : 168

indonesiabaik.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan kota metropolitan baru bernama Rebana terdiri dari kawasan Cirebon, Patimban, Majalengka.

Perpres Disetujui

Presiden Joko Widodo menyetujui penyusunan Peraturan Presiden (Perpres) Percepatan Pembangunan Jawa Barat. Perpres tersebut merupakan tindak lanjut atas potensi perekonomian dari kawasan Regional Metropolitan Rebana di Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam konferensi pers virtual usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan sejumlah menteri lainnya pada Senin (29/3/2021).

Jadi Penggerak Ekonomi

Rebana digadang-gadang akan menjadi kota metropolitan ketiga di Jawa Barat setelah Bogor, Depok, Bekasi dan Bandung Raya. Rebana diharapakan akan menjadi wilayah regional paling lengkap di Indonesia. Total kawasannya mencakup 43.913 hektar.

Terdapat Pelabuhan Internasional Patimban sebagai pintu penggerak ekonomi skala regional di Jawa Barat juga berdekatan dengan Bandara Internasional Kertajati yang fungsinya tidak hanya mengangkut penumpang dan kargo, namun juga difungsikan untuk perawatan pesawat atau Maintenance, Repair, Overhaul (MRO).

Rebana juga terkoneksi Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan jalur kereta api arah Cirebon dan Surabaya. Keduanya merupakan infrastruktur yang akan semakin mempermudah koneksi intermoda di wilayah Rebana.

"Kami sudah menghitung Regional Metropolitan Rebana ini akan menyumbangkan 1 persen pada perekonomian Indonesia pada 10 tahun ke depan" ucap Ridwan Kamil.

13 Kota Baru

Kota industri baru Rebana ini akan hadir untuk menjadi sebuah kawasan yang sangat luar biasa. Dari ke-13 kota itu ditargetkan akan ada sebanyak 4,3 juta lapangan pekerjaan tersedia di kota-kota mandiri tersebut.

  1. KPI Patimban
  2. KPI Cipali Subang Barat
  3. KPI Cipali Subang Timur
  4. KPI Cirebon
  5. KPI Patrol
  6. KPI Losarang
  7. KPI Tukdana
  8. KPI Cipali Indramayu
  9. KPI Balongan
  10. KPI Krangkeng
  11. KPI Jatiwangi
  12. KPI Kertajati - Jatitujuh
  13. KPI Butom



Videografis Terkait