Siaga Hadapi Banjir!

  • Siaga Hadapi Banjir!
Tri Adjie Kurniawan,Tanayastri Dini Isna

one month ago

37

dilihat

Indonesiabaik.id - Musim penghujan telah tiba, kemungkinan terjadinya bencana banjir pun meningkat. Beberapa wilayah terkena dampak banjir akibat tingginya curah hujan yang tidak diimbangi dengan serapan tanah yang cukup. Karena itu, masyarakat perlu mempersiapkan diri jika suatu saat banjir terjadi di lingkungan mereka.

Lantas, apa saja “senjata” yang perlu masyarakat siapkan untuk melawan bencana tersebut? Yuk simak langkah siaga hadapi banjir di bawah ini!

Satu: bila banjir akan terjadi di wilayah Anda

Pantau informasi mengenai banjir di wilayahmu melalui radio secara berkala agar Anda up-to-date dengan keadaan sekitar. Apabila informasi menyebutkan adanya risiko banjir bandang, beranjaklah segera ke tempat lebih tinggi. Yang paling penting, waspadai arus bawah, saluran air, kubangan, dan tempat genangan air.

Dua: bila Anda harus bersiap untuk evakuasi

Sebelum evakuasi, pastikan semua jaringan listrik di rumah Anda sudah dimatikan. Karena itu cabut segala peralatan yang tersambung listrik. Lalu, letakkan barang berharga di bagian yang lebih tinggi di dalam rumah.

Tiga: Bila Anda harus meninggalkan rumah

Apabila Anda harus meninggalkan rumah ketika banjir, hindari berjalan di arus air yang deras karena bisa membuatmu terjatuh dan berisiko terbawa arus. Jika bisa, berjalanlah di pijakan yang kokoh (tidak bergerak).

Jangan pula mengemudikan mobil di wilayah banjir. Jika air terlihat mulai naik, abaikan mobil dan keluarlah ke tempat yang lebih tinggi.



Videografis Terkait