Lihat Semua : videografis

Siap-Siap, Rekrutmen CPNS dan PPPK Segera Dibuka

Dipublikasikan pada 13 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 127

indonesiabaik.id - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 akan segera dibuka beberapa bulan mendatang.

Rekrutmen CPNS dan PPPK

Rencana penetapan rincian formasi beserta nama instansi akan diumumkan pada Maret. Sementara rencana pembukaan proses pendaftaran penerimaan CPNS 2021 pada April-Mei dan akan mulai seleksi pada Juni.

Secara total, pada 2021 pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN sejumlah sekitar 1,3 juta terbagi dari berbagai formasi.

Seleksi Lewat Dua Posisi

Seleksi ASN 2021 akan terbagi menjadi dua posisi yaitu CPNS dan PPPK. Dari dua itu, akan ada tiga formasi yang dibutuhkan dalam seleksi CPNS dan PPPK.

Pertama, sebanyak 1 juta tenaga formasi guru akan diseleksi melalui jalur PPPK untuk menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru yg saat ini diisi oleh tenaga honorer. Kedua, Pemda akan membuka 70.000 jabatan fungsional PPPK, dan 119.000 CPNS jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan. Ketiga, formasi CPNS 2021 untuk pemerintah pusat ditetapkan sebanyak 83.000 orang. Formasi tersebut terbagi untuk CPNS dan PPPK masing-masing 50 persen.



Videografis Terkait