Subsidi BBM Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

  • nelayan
  • Nelayanindonesia
  • SubsidiBBM
Siap Bangun Negara,M. Ishaq Dwi Putra

2 months ago

85

dilihat

Sebagai upaya menaikkan kesejahteraan nelayan dan mengurangi beban subsidi BBM, pemerintah melakukan diversifikasi BBM ke BBG. Program ini ditujukan kepada nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), yang memiliki bahan bakar bensin atau solar dan kapal yang digunakan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

 Sedangkan jenis alat tangkap yang digunakan adalah alat tangkap yang ramah lingkungan, serta belum pernah menerima bantuan sejenis dari Pemerintah Pusat, Daerah atau Badan usaha.

Melalui penggunaan LPG, para nelayan akan menghemat pengeluaran harian dalam penggunaan BBM utk kebutuhan melaut (one day fishing) sebesar 24,69% atau sekitar Rp11.150 per hari, apabila harga LPG 3Kg/tabung sebesar Rp 34.000 (LPG non subsidi). Bahkan, mereka bisa menghemat hingga 62,35% atau sekitar Rp 28.150 per hari, apabila harga LPG 3 Kg/tabung sebesar Rp17.000 (LPG Subsidi).

“Ini memberikan dampak positif bagi ekonomi nelayan karena mereka bisa menghemat pengeluaran biaya bahan bakar,” ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan. 



Videografis Terkait