Lihat Semua : videografis

Vaksinasi COVID-19 Berlanjut Tahap Kedua

Dipublikasikan pada 9 days ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 78

indonesiabaik.id - Vaksinasi COVID-19 tahap kedua segera dimulai pada 17 Februari 2021 dan ditargetkan dapat selesai pada Mei 2021 yang diberikan kepada kelompok masyarakat dengan interaksi dan mobilitas yang tinggi.

Sasaran Penerima

Yang menjadi sasaran vaksinasi tahap kedua yaitu petugas Pelayanan Publik serta kelompok masyarakat lanjut usia usia 60 tahun ke atas. Menurut data Kemenkes, adapun total sasaran vaksinasi tahap kedua mencapai lebih dari 38 juta orang terdiri dari 21 juta lansia dan hampir 17 juta petugas pelayanan publik.

Percepatan Vaksinasi

Program vaksinasi untuk kelompok lansia bahkan sudah dimulai sejak minggu kedua Februari 2021. Program ini dimulai dari tenaga kesehatan dengan usia di atas 60 tahun.

Dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19, selain pendekatan kewilayahan, juga dilakukan pendekatan klaster dengan zona-zona risiko. Klaster pedagang di pasar contohnya, menjadi prioritas vaksinasi tahap kedua.

Vaksinasi Tahap Pertama Aman

Dengan dimulainya vaksinasi tahap kedua, ini menandakan adanya keberhasilan vaksinasi tahap pertama. Vaksinasi sebelumnya telah dilakukan dengan menyasar tenaga kesehatan yang kini mencapai lebih dari 85%.

Adapun yang sudah datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk divaksinasi sekitar hampir 1,3 juta orang. Namun karena sebagian memiliki penyakit komorbid dan sedang hamil, sehingga ada 1 juta tenaga kesehatan yang bisa divaksinasi. Sementara target yang harus divaksinasi sebanyak 1,48 juta. Dari total yang telah divaksin, belum ditemukan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius.

Program vaksinasi secara keseluruhan menyasar 181,5 juta rakyat Indonesia usia di atas 18 tahun dengan total ada 426 juta dosis vaksin untuk 2 x dosis. Vaksinasi memiliki manfaat yang jauh lebih besar ketimbang risiko yang ditimbulkan.



Videografis Terkait