[Videografis] Patin Indonesia Kuasai Dunia

Siap Bangun Negara, Tri Adjie Kurniawan

9 months ago

Indonesiabaik.id - Kans produk patin Indonesia untuk menguasai pasar global sangat terbuka lebar. Itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan ekspor patin Indonesia ke beberapa negara. Pasalnya pasca penerapan kebijakan proteksi impor patin, geliat industri patin Indonesia menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Pada tahun 2016 produksi patin nasional sebesar 437.111 ton. Meningkat signifikan dari tahun sebelumnya yaitu 339.069 ton. Pada tahun 2018, KKP menargetkan produksi patin sebesar 604.587 ton.

Selain itu, kebutuhan patin di mancanegara menunjukkan trend positif, seperti di China. Impor patin di negeri tirai bambu tersebut tumbuh pesat hingga mencapai 34.400 ton per tahun. Angka tersebut disusul oleh impor Thailand yang mencapai 19.200 ton per tahunnya.

Di Amerika Latin, impor ikan patin juga menunjukkan kenaikan hingga 12,3 persen, sebuah pasar yang menjanjikan pula hadir di Amerika Serikat yang sejak 2017 melarang masuknya produk patin Vietnam akibat produk patin Vietnam ditemukan banyak mengandung bahan kimia. Seperti diketahui Vietnam merupakan negara pengekspor patin terbesar di dunia dan permasalahan di Amerika Serikat tersebut bisa membuka peluang bagi produk patin Indonesia.



    Tag :
  • #patinmendunia
  • industri patin nasional
  • sentra produksi patin nasional
  • kementerian kelautan dan perikanan
  • ekspor patin indonesia
  • fillet patin

Videografis Terkait