Lihat Semua : videografis

Waspada Bencana di Awal Tahun 2021

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, M. Ishaq Dwi Putra /   View : 275

indonesiabaik.id - Mengawali tahun 2021, BMKG mengimbau masyarakat untuk lebih waspada menghadapi multi risiko bencana, yang semakin meningkat pada Januari hingga Maret 2021.

Waspada Potensi Bencana

Sejak Oktober 2020, BMKG telah menginformasikan potensi bencana bersamaan dengan prakiraan musim hujan.

Bahkan sejak awal Januari 2021, sejumlah daerah mengalami bencana banjir dan tanah longsor akibat peningkatan curah hujan. Begitu pula dengan potensi kegempaan, gempa dengan kekuatan signifikan yang terjadi di sejumlah daerah.

Potensi Gempa Bumi

Terbaru, terjadi gempa susulan M5,9 yang mengguncang Majene Provinsi Sulawesi Barat pada Kamis (14/1/2021). Sebelumnya, gempa tektonik telah terjadi dengan kekuatan M6,2 terjadi pada Jumat (15/1/2021) dinihari,

Potensi Bencana Hidrometeorologi

Selain peningkatan potensi kegempaan, saat ini juga sudah memasuki puncak musim hujan sehingga patut diwaspadai peningkatan potensi bencana hidrometeorologi di mana Januari-Februari memasuki puncak musim hujan.

Berdasarkan data BMKG pada Dasarian III Januari 2021 terdapat daerah dengan potensi banjir menengah yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi tenggara, Maluku dan Papua.



Videografis Terkait