Yang Muda yang Kreatif

  • pemuda
  • kreatif
  • indonesia
Resi Prasasti,M. Ishaq Dwi Putra

5 months ago

143

dilihat

Ekonomi kreatif berpotensi untuk meningkatkan pendapatan negara sekaligus menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. Dengan ekonomi kreatif maka perekonomian nasional yang awalnya didominasi oleh konsumsi akan bergeser menjadi produksi, salah satunya dengan dukungan ekonomi kreatif yang berpijak pada kekayaan intelektual.

Namun tantangan pengembangan ekonomi kreatif adalah kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang bersaing. Aspek yang harus dimiliki oleh SDM unggul adalah kemampuan berpikir kreatif dan berani berinovasi. Kreativitas itu sendiri tak bisa lepas dari karakter kaum muda. Dengan jumlah pemuda berumur 15-29 tahun sekitar 64 juta jiwa, maka pemuda adalah menggerakkan ekonomi kreatif.

Pemuda arus terus mengasah kreativitas dan memacu produktivitas. Hari juga mengingatkan bahwa bidang ekonomi kreatif bukanlah industri padat modal, melainkan padat kreativitas, seni, budaya, dan kewirausahaan. Generasi muda Indonesia yang memiliki daya kreasi dan inovasi yang dapat menghasilkan berbagai macam karya yang kompetitif dan punya nilai jual.



Videografis Terkait