Anak Muda Kreatif, Masa Depan Positif

Siap Bangun Negara , Oktanti Putri Hapsari

one month ago



Indonesiabaik.id - SohIB, era Revolusi Industri 4.0 serta digitalisasi telah tiba dan tidak dapat dihindarkan. Serba cepat dan menuntut kecakapan sumber daya manusia menjadi kebutuhan yang wajib dipersiapkan seluruh komponen, apalagi generasi muda Indonesia.

Itu karena pada 2030, Indonesia diproyeksikan membutuhkan tenaga kerja terampil sebanyak 113 juta. Hanya saja, yang tersedia saat ini baru sekitar 57 juta orang. Setiap tahunnya Indonesia membutuhkan sekitar 3,7 juta tenaga kerja terampil.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menekankan agar anak muda Indonesia harus optimistis menatap masa depan. Salah satu kuncinya adalah dengan menjadi kreatif. Anak-anak muda kreatif inilah penentu masa depan Indonesia, karena Negeri ini adalah tempat yang sangat mudah untuk melakukan hal-hal kreatif.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh anak muda Indonesia untuk menjadi kreatif? Pertama adalah membangun kepercayaan yang positif. Berikutnya melihat dan belajar dari yang terbaik atau terhebat. Karena kreativitas dapat dibangun dengan mempelajari apa yang dilakukan oleh orang lain. Dari situ SohIB bisa mendapatkan inspirasi dan ide-ide untuk membuat karya sendiri.

Kemudian anak muda Indonesia harus menumbuhkan sikap ingin tahu dan kritis. Dengan banyak mencari tahu, tentu otak kita akan terasah mempelajari hal baru. Sebaliknya, bersikap cuek justru tidak akan membuat kita menemukan hal yang baru.

Jangan lupa untuk menyediakan waktu sendiri, karena kondisi ini akan membuat seseorang mampu berpikir jernih dan lebih berkonsentrasi. Selanjutnya lakukan sesuatu yang berbeda. Orang yang ingin kreatif harus berani mengerjakan hal-hal yang belum pernah atau jarang dilakukannya.

Selain itu anak muda harus berkomunikasi dengan orang banyak, karena dari jalinan komunikasi tersebut dapat timbul ide-ide baru yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Dan terakhir harus banyak membaca. Intensitas membaca yang tinggi akan meningkatkan pengetahuan terhadap berbagai macam hal, salah satunya semakin mempermudah diri dalam mengambil tindakan.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kementerian pemuda dan olahraga
  • kemenpora
  • anak muda kreatif
  • tips anak muda kreatif
  • revolusi industri 4.0
  • undang undang nomor 40 tahun 2009

Infografis Terkait