Lihat Semua : infografis

KRI Alugoro, Kapal Selam Karya Anak Bangsa

Dipublikasikan pada 7 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, - /   View : 1.411


Indonesiabaik.id -  Alugoro, merupakan kapal selam yang pertama kali digarap anak bangsa. Kapal selam yang diproduksi PT PAL (Persero) ini seluruh proses produksinya di galangan kapal milik PT PAL, Surabaya, Jawa Timur. Soal nama Alugoro, ternyata diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata tersebut berupa Gada yang digunakan oleh para ksatria atau bangsawan lainnya.

Spesifikasi KRI Alugoro

Kapal selam Alugoro merupakan kapal selam ketiga dari batch pertama kerja sama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Kepala Negara pun mengapresiasi kerja sama pembuatan kapal selam Alugoro tersebut dan berharap suatu saat Indonesia akan mampu membuatnya secara mandiri.

Kapal selam Alugoro sendiri memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot, dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot. Kapal selam Alugoro telah menjalani berbagai proses pengujian seperti Harbour Acceptance Test (HAT) dan Sea Acceptance Test (SAT).

Terakhir,  kapal selam karya anak bangsa Alugoro menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali. NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro. Tahapan NDD dinyatakan berhasil, Kapal Selam Alugoro berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter.

Linimasa KRI Alugoro

Keberhasilan pembangunan kapal selam Alugoro menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. Peluncuran dan pemberian nama kapal dilakukan pada 11 April 2019 di dermaga kapal selam PT PAL Indonesia (Persero).

Kapal Selam Alugoro-405 buatan PT PAL Indonesia berhasil melewati tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di perairan utara Pulau Bali pada Selasa, (21/1). Pada Desember 2020, kapal selam ini akan diserahkan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI Angkatan Laut Indonesia.



    Tag :
  • : PT PAL Indonesia
  • kapal selam karya anak bangsa
  • kapal selam buatan Indonesia
  • KRI Alugoro
  • spesifikasi KRI Alugoro
  • linimasa KRI Alugoro
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait