Pemilu Usai, Saatnya Merajut Persatuan

Yuli Nurhanisah , M. Ishaq Dwi Putra

18 days ago



Indonesiabaik.id - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk menolak gugatan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo-Sandi terkait Sengketa Pilpres 2019. Dengan keputusan itu, proses panjang Pemilihan Presiden telah usai. Oleh karena itu, sejumlah tokoh nasional meminta masyarakat Indonesia untuk menghormati putusan majelis hakim MK dan kembali merajut persatuan.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir mengatakan, keputusan MK merupakan hasil final yang adil dan objektif. Dengan adanya keputusan MK ini, maka Jokowi-Ma’ruf Amin sah menjadi presiden dan wakil presiden terpilih hasil pilpres 2019. “Dengan keputusan yang sudah final itu, saya berharap, teman-teman, seluruh masyarakat Indonesia bisa berlapang dada, menerima hasilnya dan dapat segera beranjak memikirkan hal-hal kebangsaan lainnya”.

Senada, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengajak semua pihak untuk kembali merajut persatuan dan kesatuan pasca putusan MK. “Mari kita rajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa untuk bersama-sama kita membangun bangsa, bersama-sama membangun Indonesia. Kita semakin optimistis bahwa Indonesia ke depan akan melompat kelasnya dari negara berkembang menjadi negara maju”.

Tidak hanya itu, Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno meminta seluruh rakyat Indonesia tetap bersatu dan tak terpecah meskipun mereka mempunyai pilihan politik yang berbeda. "Setelah keputusan ini, seluruh komponen bangsa harus kembali bersatu. Bekerja sama, bahu-membahu untuk memajukan bangsa ini. Perbedaan pilihan politik tidak harus membuat kita bermusuhan. Kekecewaan pada diri kita oleh sebab apapun tidak harus membuat kita berhenti berjuang bagi kepentingan bangsa dan Negara”.

Di sisi lain, Wakil Presiden Republik Indonesia Tahun 2014-2019 Jusuf Kalla mengatakan rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo Subianto wajib dilakukan untuk mempersatukan bangsa pasca Pilpres 2019. “Ya itu bukan hanya imbauan, tapi itu juga kewajiban kita semua untuk bersatu, rekonsilisasi itu bermakna bersatu dalam mencapai tujuan walaupun berbeda dalam cara. Kalau sudah bersatu di atasnya di bawahnya juga akan lebih baik dan lebih mudah”.

Terakhir, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Agum Gumelar meminta kepada seluruh purnawirawan, khususnya yang tergabung dalam Persatuan Purnawirawan Warakawuri TNI-Polri (Pepabri) kembali bersatu pascasidang putusan sengketa Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK). "Saya yakin mereka berjiwa besar menerima realita politik. Sudahlah, lupakan perbedaan masa lalu kita bersatu kembali, dihadapan kita ada yang lebih besar membangun bangsa ini menjadi maju dan besar”.



    Tag :
  • sidang putusan mk
  • pilpres 2019
  • pemilu usai
  • saatnya rajut persatuan
  • tokoh nasional
  • membangun bangsa
  • mari hormati putusan MK
  • keputusan MK
  • yang muda suka data
  • Indonesiabaik.id.

Infografis Terkait