Lihat Semua : infografis

Profil Penerima Gelar Pahlawan Nasional: MR. SM. Amin Nasution


Dipublikasikan pada 2 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 1.260


Indonesiabaik.id   -   Sutan Muhammad Amin Nasution bersama sejumlah tokoh muda lainnya berjuang mentransformasi  semangat “etnonasionalisme” menjadi “nasionalisme” di kalangan pemuda antara lain dengan memprakarsai fusi berbagai organisasi pemuda kedaerahan (Jong Sumatra Bond, Jong Java, Jong Ambon, Jong Batak, Jong Minahasa dan sebagainya). 

Bersama Muhammad Yamin dan tokoh muda lainnya, Sutan Muhammad Amin Nasution berperan penting dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 dan menandatangani naskah Sumpah Pemuda itu. Menyemai dan memperkuat nasionalisme dan patriotisme di kalangan anak-anak sekolah menengah “Syu Gakko" yang kemudian menjadi benih “Tentara Pelajar Aceh."  Bersama kelasykaran lain, tentara pelajar ini melakukan perlawanan terhadap agresi militer Belanda.

Menyelamatkan kedaulatan bangsa dan negara RI saat agresi militer Belanda dengan cara memindahkan pemerintahan Sumatra Utara saat agresi militer Belanda dan tetap melakukan perlawanan militer terhadap Belanda.Menyelesaikan separatisme yang dilancarkan oleh kelompok “Banteng Hitam,” front rakyat dan Komunis; memperjuangkan penyelesaian konflik Aceh yang diakibatkan oleh gerakan Teungku Daud Beureuh.

Komitmen dan pembelaannya yang kuat terhadap masyarakat, kedaulatan, demokrasi,  penegakan hukum dan moralitas. Hal ini disamping terlihat dari perjuangan dan perjalanan hidupnya,  juga dari seluruh karya tulisnya baik yang telah dipublikasikan maupun yang belum. 



Infografis Terkait