SNI ISO 37001, Dorong Penerapan Manajemen Antisuap di Indonesia

Siap Bangun Negara , M. Ishaq Dwi Putra

2 months ago



Indonesiabaik.id - Tahukah SohIB bahwa Indeks Risiko Penyuapan dalam Berbisnis yang dirilis TRACE Internasional pada November 2019 menempatkan Indonesia di peringkat 90 dari 200 negara. Ternyata menurut data, dalam lima tahun terakhir, skor indeks penyuapan Indonesia relatif stagnan. Salah satu ukuran lainnya adalah, Indeks Negara HUkum yang dirilis World Justice Project (WJP) Indonesia tahun 2019, yang meliputi pengukuran atas variabel ketiadaan korupsi berada di posisi ke-62 dari 126 negara

Sayangnya, penerapan SNI yang mengadopsi International Organization for Standardization (ISO) 37001 baru dimulai. Penerapan Standar Nasional Indonesia sebagai salah satu sistem manajemen antisuap perlu menjadi kewajiban pengusaha dan lembaga. Hal itu akan mendorong adanya perbaikan dalam praktik antisuap di Tanah Air.

Data Badan Standardisasi Nasional hingga Desember 2018 menyebutkan bahwa, sebanyak 72 organisasi/perusahaan telah tersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Beberapa organisasi yang telah tersertifikasi tersebut diantaranya Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Badan Karantina Pertanian, dan PT Harimurti Teknik.

Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S. Achmad di situs resmi bsn, mengungkapkan bahwa Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan, kata Kukuh, merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017. Dalam Instruksi Presiden tersebut, BSN mendapat amanah untuk melakukan Aksi Inisiasi Sertifikasi Sistem Anti Korupsi.

Walaupun organisasi yang menerapkan SNI ISO 37001 semakin bertambah, namun 65 persen dari jumlah tersebut adalah organisasi pemerintah. Padahal, sektor swasta juga diharapkan dapat secara massif menerapkan Sistem Manajemen Anti Penyuapan.

SNI ISO 37001 adalah adopsi identik dari standar ISO 37001 Anti Bribery Management System. SNI ISO 37001 membantu organisasi menyusun, mengimplementasikan dan memelihara program kepatuhan terkait anti penyuapan. Standar ini fleksibel dan bisa diterapkan pada semua jenis organisasi.

Salah satu keuntungan menerapkan sistem manajemen anti suap ialah yang dirancang untuk memperkenalkan budaya anti suap dalam suatu organisasi dan menerapkan kontrol yang sesuai, yang pada gilirannya akan meningkatkan peluang mendeteksi suap dan mengurangi insidennya di tempat pertama.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • sni iso 37001
  • standar nasional indonesia international organization for standardization 37001
  • badan standardisasi nasional
  • kkn
  • korupsi kolusi dan nepotisme
  • manajemen antisuap

Infografis Terkait