Tidur Berkualitas, Tubuh Bugar Pikiran Segar

Siap Bangun Negara , M. Ishaq Dwi Putra

4 months ago


Indonesiabaik.id - Kerap kurang tidur dan tak bisa istirahat? Wah, berbahaya. Waktu tidur yang dianggap baik adalah selama 6-8 jam. Dengan begitu barulah tidur Anda disebut berkualitas. Orang modern, konon sulit bisa mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas. Gaya hidup yang tak bisa lepas dari penggunaan gadget adalah salah satunya. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan agar bisa tidur lebih berkualitas dan memetik manfaat sehatnya.

Pertama, hentikan kebiasaan minum teh atau kopi di sore hari. Seperti yang telah diketahui bahwa kopi dan teh yang kita minum mengandung kafein. Mengkonsumsi kafein di sore hari akan menyebabkan Anda kesulitan tidur. Jadi, sebelum meminum kopi, teh, atau minuman berenergi, periksalah kandungan pada kemasan. Apabila terdapat kafein di dalamnya, sebaiknya berhenti meminumnya setelah pukul 2 di sore hari.

Kedua, makan jenis makanan yang akan membantu tidur lelap. Walaupun penting menghindari makanan yang terlalu berat sebelum tidur (karena akan mengganggu tidur), ada beberapa jenis makanan yang akan membantu Anda tidur, diantaranya; whole-wheat pasta dengan sayuran, saus tomat, dan dada ayam. Makanan di atas akan membentuk serotonin dalam tubuh dan membantu Anda tidur. Apabila pada malam hari Anda terbangun, minumlah susu.

Ketiga, alkohol tidak membantu Anda tidur. John E. Brown mengatakan bahwa alkohol akan menyebabkan seseorang sulit tidur pulas dan meningkatkan kebiasaan bangun di malam hari. Berikutnya, mandilah lebih awal. Karena mandi akan menurunkan suhu tubuh. Sedangkan untuk tidur, suhu tubuh Anda perlu suhu tertentu. Namun, bukan berarti anda harus langsung mandi setelah pulang beraktifitas. Tunggulah beberapa saat setelah suhu tubuh Anda sedikit turun.

Kemudian lakukan peregangan ringan. Lakukan yoga ringan, bawalah pikiran Anda menjadi lebih tenang, lancarkan pernafasan, kurangi ketegangan pada otot. Lalu ciptakan mood untuk tidur yang baik. Matikan lampu di kamar karena lampu menyebabkan mata sulit beristirahat, selanjutnya kurangilah hembusan angin di kamar Anda.

Terakhir, matikan telepon seluler Anda. Letakkan gawai sejauh mungkin, matikan ponsel Anda, gunakan alarm yang sesungguhnya. Jika Anda menggukan ponsel sebagai alarm, bisa jadi Anda akan tergoda untuk kembali bermain gawai ketimbang tidur.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kementerian kesehatan
  • waktu tidur orang Indonesia
  • kebutuhan tidur sesuai usia

Motion Grafis Terkait