Lihat Semua : videopendek

Karakteristik Ombak G-Land Pikat Peselancar Dunia


Dipublikasikan pada one month ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Nurhalimah Syafira / Desain : Zahra Febrianti /   View : 100

indonesiabaik.id -  Karakteristik ombak dan keindahan pantai Plengkung atau G-Land yang menjadi lokasi event internasional World Surfing League Championship Tour G-Land Pro 2022 menjadi pemikat para peselancar dari seluruh dunia untuk berkunjung kesana.

Dimanakah lokasi G-Land?
Ombak kiri G-Land yang terkenal panjang dan tubular ini terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur. 

G-Land diklaim sebagai salah satu dari tujuh ombak yang terbaik di dunia yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. 

Lokasinya terpencil, terletak di tengah hutan dan jauh dari Kota Banyuwangi, dengan menempuh jarak sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan. 

G-Land menjadi satu dari banyaknya ombak indah yang dimiliki Indonesia. Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, Indonesia patut bersyukur karena dikaruniai banyak pantai dengan ombak surfing yang tersebar di sepanjang pesisir pantai bagian Barat dan Selatan Samudra Hindia serta pesisir pantai Samudra Pasifik.


Terkenal dengan sebutan G-Land

Menurut Ivan selaku koordinator lapangan Joyo’s Surf Camp, G-Land mulai dikenal sejak tahun 80-an, dan nama aslinya berasal dari wilayah Grajagan. Karena para turis asing susah dalam melafalkannya, maka sering disebut G-Land. 

Pantai G-Land pun terkenal dengan nama Pantai Plengkung. Kontur pulau nya pun menyerupai huruf G. G-Land juga memiliki arti sebuah pulau yang berwarna hijau karena letaknya di tepi hutan tropis yang hijau. 

Ombak G-Land

Dilansir dari Antara, Ombak di G-Land disebut sebagai ombak terbaik kedua setelah Hawaii, Amerika Serikat. 

Gelombang pasang di G-Land seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna. Panjang ombak pantainya bisa mencapai 2 kilometer dengan ketinggian ombak hingga 8 meter. 

Ombak G-Land memiliki tiga tingkatan antara lain :
Many Track Wave, sering digunakan oleh peselancar pemula dengan ketinggian ombak 3–4 meter.
Speedis Waves, untuk peselancar tingkat sedang dengan ketinggian ombak mencapai 5–6 meter .
Kong Waves, biasanya digunakan untuk peselancar tingkat professional, memiliki ketinggian ombak mencapai 6–8 meter.