Lihat Semua : ebook

Bersama Perangi Stunting



Bersama Perangi Stunting
Judul Buku : Bersama Perangi Stunting
Penerbit : Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
Tahun Rilis : 2019
Jumlah Halaman : 71 halaman
Deskripsi :

Stunting (tubuh pendek) sampai saat ini masih belum menjadi permasalahan yang diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Pada 2018, Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa sebanyak 3 dari 10 anak Indonesia bertubuh pendek dari standar usianya. 

Padahal, jika Indonesia ingin bersaing dengan negara lain di dunia, masalah ini harus segera diselesaikan. Masalah stunting ini tidak hanya mengganggu pertumbuhan secara fisik, namun juga menggangu perkembangan otak. Jika terus dibiarkan, dapat mengancam perkembangan anak-anak Indonesia.

Asesmen yang dilakukan pada tahun 2012 oleh OECD PISA, dalam ranking tingkat kecerdasan anak negara-negara di dunia, Indonesia berada di urutan 64 dari 65 negara di dunia. Untuk urutan negara-negara di ASEAN, Indonesia berada di bawah Singapura (2), Vietnam (17), Thailand (50) dan Malaysia (52). 

Sebagai langkah pencegahan, stunting menjadi salah satu prioritas nasional dari kabinet kerja Joko Widodo - Jusuf Kalla dalam RPJMN 2015 - 2019. Pada tahun 2017, Pemerintah juga telah meluncurkan Rencana Aksi Nasional Penanganan Stunting. 

Karena itu, dengan diterbitkannya buku berisi infografis ini dapat menjadi sinergi yang baik antara Pemerintah dan masyarakat sebagai upaya bersama memerangi stunting. 


Unduh Ebook

151 dilihat



E-Book Terkait