Lihat Semua : infografis

Bantuan Subsidi Upah Rp600 Ribu, Cek Namamu, Terdaftar atau Tidak Ya?


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Chyntia Devina /   View : 607.427


Indonesiabaik.id   -   Pekerja swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta akan mendapatkan bantuan Rp 600.000 per bulan dari pemerintah. Bantuan Rp 600 ribu tersebut merupakan bantuan langsung tunai sebagai stimulus untuk meningkatkan daya beli dan mencegah resesi ekonomi. 

Bantuan Rp 600 ribu itu disebut Bantuan Subsidi Upah (BSU). Adapun, data penerima subsidi gaji diambil dari data BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) dengan batas waktu pengambilan data sampai dengan 30 Juni 2020. 

Lantas, bagaimana cara cek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak? 

Dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, cara cek status kepesertaan bisa melalui beberapa metode. Di antaranya adalah:

1. Via aplikasi BPJSTK Mobile

  • Peserta harus mengunduh aplikasi BPJSTKU Mobile di Android, iOS, dan BlackBerry. 

  • Setelah mengunduh, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan PIN.

  • Syarat registrasi di aplikasi BPJSTKU Mobile antara lain Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, dan tanggal lahir, dan nama. 

  • Setelah terdaftar dan login, peserta dapat mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK. 

  • Kemudian pilih di "Kartu Digital".

  • Setelah muncul tampilan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan, klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/tidak aktif).  

2. Via website

Cara cek status kepesertaan dan saldo bisa dilakukan melalui laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Apabila belum terdaftar di laman tersebut, bisa melakukan registrasi dengan cara:

  1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

  2. Pilih menu registrasi

  3. Isi formulir sesuai dengan data. 

  • Nomor KPJ Aktif

  • Nama

  • Tanggal lahir

  • Nomor e-KTP

  • Nama ibu kandung

  • Nomor ponsel dan email.

  1. Apabila berhasil, kamu akan mendapatkan PIN.

  2. PIN dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.

Jika sudah terdaftar, Anda bisa langsung melakukan proses pengecekan saldo JHT dan status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. 

  1. Masuk ke https://www.sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

  2. Masukkan alamat e-mail dan kata sandi

  3. Setelah masuk, pilih menu layanan

  4. Pada menu layanan, pilih Kartu Digital

  5. Klik di tampilan tersebut, bagian bawah akan muncul status kepersertaan (aktif/tidak aktif)

3. Cek Saldo BPJS via SMS 2757 

  1. Ketik pada layar HP berupa: 

Daftar(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada) , kemudian kirim SMS  ke 2757 

  1. Setelah itu, akan menerima balasan SMS dari BPJS yang berisi ucapan terima kasih dan nomor ID

  2. Setelah mendapatkan ID, cek saldo JHT dengan membalas sms tersebut dengan format SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kirim ke 2757. 

  3. Tunggu sebentar, dan langsung menerima balasan berisi saldo JHT



Infografis Terkait