Salurkan Aspirasi dan Keluhan Anda di LAPOR!

Gemawan Dwi Putra,-

5 months ago

163

dilihat

Salurkan Aspirasi dan Keluhan Anda di LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (disingkat LAPOR!) adalah aplikasi media sosial pertama di Indonesia yang melibatkan partisipasi publik dan bersifat dua arah. Masyarakat dapat berkomunikasi dengan pemerintah secara interaktif dengan prinsip mudah dan terpadu untuk pengawasan pembangunan dan pelayanan publik.

Aplikasi ini adalah sebuah inisiatif dari Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP) dalam rangka menyediakan sarana pengaduan yang terpadu dan mudah diakses bagi seluruh masyarakat Indonesia. Berbasis media sosial, layanan ini ditujukan untuk meningkatkan interaksi antara masyarakat dengan pemerintah. LAPOR! juga dilengkapi dengan berbagai fitur guna mendorong ketuntasan setiap laporannya.

Layanan ini telah terhubung dengan 67 instansi pemerintah yang terdiri dari seluruh kementerian, sejumlah lembaga non-kementerian, dan pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah pemerintah daerah pertama, disusul Pemerintah Kota Bandung yang terhubung dengan layanan ini dan sudah melakukan sosialisasi.

Selain DKI dan Bandung, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bojonegoro juga telah terhubung dengan LAPOR!



Infografis Terkait