Lihat Semua : infografis

Vaksin Covid-19 Sinovac, HALAL & SUCI

Dipublikasikan pada 7 days ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 115


Indonesiabaik.id - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah selesai melakukan audit terhadap vaksin COVID-19 Sinovac yang diproduksi China dan menetapkan Vaksin Covid-19 produksi Sinovac Halal dan Suci.

Meski sudah halal dan suci, namun fatwa MUI belum final. Sebab, penggunaannya masih menunggu keputusan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait  keamanan (safety), kualitas (quality), dan kemanjuran (efficacy).

Program Vaksinasi di Indonesia

Saat ini Indonesia telah memiliki tiga juta dosis vaksin siap pakai yang sebagiannya telah terdistribusi ke daerah-daerah. Pada tahap awal pelaksanaan vaksinasi, pemerintah memprioritaskan kurang lebih 1,6 juta tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Jumlah dosis vaksin yang akan dimiliki Indonesia juga akan semakin meningkat. Rencananya, akan ada pengiriman vaksin dari sejumlah sumber seperti Sinovac, Novavax, AstraZeneca, BioNTech-Pfizer, hingga COVAX/GAVI setiap bulannya hingga akhir tahun dengan total 426 juta dosis.

Nantinya, Pemerintah akan segera memulai program vaksinasi setelah memperoleh izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dalam hal ini, pemerintah mengedepankan prinsip kehati-hatian untuk menjaga keselamatan masyarakat penerima vaksin.



Infografis Terkait