Lihat Semua : motion_grafis

Profil Penerima Gelar Pahlawan Nasional: Arnold Mononutu

Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 91

Indonesiabaik.id   -   Pada Tahun 1927 Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu kembali ke tanah air dan bergabung dengan PNI (Partai Nasional Indonesia) yang didirikan oleh Sukarno.

Perjuangan Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu  tidak jauh dari menjadikan Indonesia merdeka sebagai cita-cita perjuangannya. 

 

Dahulu, Tokoh yang pernah menjabat sebagai wakil ketua (1925-1927) dan menjadi ketua PI cabang Paris ini menggunakan posisinya sebagai anggota Parlemen Indonesia Timur untuk mendukung berdiri dan berdaulatnya negara Republik Indonesia.

 

Jabatan-jabatan penting diterimanya contoh saja dalam Kabinet RIS (Republik Indonesia Serikat) Desember 1949 – Agustus 1950, beliau diangkat sebagai Menteri Penerangan dan sebagai anggota delegasi yang menerima kekuasaan dari RI kepada RIS.Kemudian 1950 beliau menjadi anggota delegasi RI ke PPB yang diketuai oleh L.N. Palar April 1951 – Juli 1953 menjadi Menteri Penerangan di bawah kabinet Sukirman dan kabinet Wilopo. Hebatnya lagi, 1953-1955 menjadi Duta Besar RI yang pertama untuk RRT.



Motion Grafis Terkait