Selesai Menjala Ikan di Bitung, Lanjut Santap Bubur Manado di Bunaken

Mohammad Iqbal Romadhoni , Anggar Septiadi

2 years ago


Indonesiabaik.id - Jalan Tol Manado - Bitung dibangun untuk menyediakan jalan alternatif dari ruas jalan Manado - Bitung yang saat ini merupakan satu-satunya jalur penghubung antara kedua kota. Sejalan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan yang meningkat tajam menyebabkan jalur tersebut semakin padat.

Peningkatan volume kendaraan pada ruas jalan tersebut juga terasa dari waktu tempuh yang semakin lama. Beberapa tahun sebelumnya, waktu tempuh Manado - Bitung dan sebaliknya sekitar 45 menit. Namun saat ini, membutuhkan waktu sekitar 90-120 menit. Resiko kecelakaan pada jalur tersebut juga semakin meningkat, seiring dengan tingginya arus lalu lintas kendaraan.

Total panjang tol Manado - Bitung 39,9 km terbagi atas 2 seksi yakni seksi I 14,9 km dari Manado-Airmadidi dan seksi II 25 km dari Airmadidi-Bitung.

Pembiayaan seksi I menggunakan APBN murni dan pinjaman Pemerintah Tiongkok. Pinjaman tersebut digunakan membiayai pembangunan sepanjang 7 km di seksi 1, selebihnya menggunakan dana pemerintah.

Untuk seksi II yang merupakan 25 km terakhir akan dikerjakan oleh investor atau Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Jasamarga Manado Bitung yang sudah ditandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) nya pada 9 Juni 2016.

Jika tol Manado - Bitung ini sudah bisa dioperasikan, kedua kota dapat ditempuh paling cepat dalam waktu 25 menit saja. Jadi selesai menjala ikan di Bitung, masyarakat bisa lanjut santap bubur manado di Bunaken. 



    Tag :
  • Jalan Tol
  • transportasi
  • pembangunan

Motion Grafis Terkait