Sepeda Motor si Penguasa Jalanan

Anggar Septiadi , Mohammad Iqbal Romadhoni

2 years ago


Indonesiabaik.idSepeda motor terus jadi moda transportasi favorit bagi masyarakat di Indonesia dari tahun ke tahun. Bahkan sepeda motor yang telah mengaspal di jalanan republik ini jumlahnya cukup fantastis. Tak heran sepeda motor dijuluki sebagai Si Penguasa Jalanan.

Hingga tahun 2015 saja, terdapat 99 juta lebih sepeda motor di Indonesia. Bandingkan dengan jumlah kendaraan lainnya seperti mobil penumpang, bus, dan truk yang hanya 22, 3 juta saja.

Ditahun yang sama, produksi kendaraan roda dua di tanah air mencapai 6.708.384. Jumlah itu hampir tujuh kali lipat dari produksi kendaraan roda empat yang hanya 1,06 juta saja. Menariknya, dari jutaaan produksi sepeda motor saat ini, sepeda motor tipe skutik atau scooter matic yang paling diburu oleh konsumen.

Skutik tercatat menguasai penjualan sepeda motor nasional hinga 77, 38 persen atau berjumlah 4, 8 juta unit pada tahun 2015. Tipe yang lain seperti motor bebek (underbone) dan motor laki (sport) hanya laku berkisar 10-11,75 persen saja.

Industri sepeda motor Indonesia dikuasai oleh empat pabrikan besar dari Jepang yaitu Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dan satu pabrikan dari India yaitu TVS. Kelimanya memiliki pabrik produksi umumnya di kawasan Jakarta, Cikarang, Karawang, atau Bekasi.



    Tag :
  • Kartel Skutik
  • Sepeda Motor
  • Moda Transportasi
  • kendaraan

Motion Grafis Terkait