Lihat Semua : infografis
Logo ASEAN Cup (Piala AFF) dari Masa ke Masa
Dipublikasikan pada 16 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Ananda Syaifullah / View : 2.740 |
Indonesiabaik.id - Ajang sepak bola terbesar di Asia Tenggara, AFF Championship, telah mengalami perubahan signifikan pada awal tahun 2024. Tidak hanya berganti nama menjadi ASEAN Cup, turnamen ini juga meluncurkan logo baru yang lebih segar dan modern. Tahun ini, Piala ASEAN Cup digelar pada 8 Desember 2024-5 Januari 2025 sekaligus menciptakan logo baru sebagai langkah untuk menyambut turnamen ASEAN Cup 2024.
Logo ASEAN Cup (Piala AFF) dari Masa ke Masa
Piala AFF atau AFF Cup resmi berganti nama jadi ASEAN Championship mulai tahun ini. Perubahan diumumkan Februari 2024 lalu oleh Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). Sebagai informasi, ajang ini didirikan dengan nama Tiger Cup, setelah merek Asia Pacific Breweries yang berbasis di Singapura, Tiger Beer, mensponsori kompetisi tersebut sejak peresmiannya pada 1996 hingga edisi tahun 2004.
Singapura menjadi tuan rumah pertama pada 1996, yang melibatkan 10 tim nasional. Setelah Asia Pacific Breweries mengundurkan diri sebagai sponsor utama, kompetisi tersebut dikenal hanya sebagai AFF Championship untuk edisi tahun 2007. Pada 2008, perusahaan otomotif Jepang, Suzuki, membeli hak penamaan untuk kompetisi tersebut, dan kemudian diberi nama AFF Suzuki Cup (Piala AFF Suzuki) hingga edisi 2020.
Pada 23 Mei 2022, AFF mengumumkan kesepakatan sponsor baru dengan perusahaan Jepang Mitsubishi Electric dan kemudian kompetisi tersebut diberi nama AFF Mitsubishi Electric Cup mulai edisi 2022.
Dengan bergantinya nama Piala AFF menjadi ASEAN Championship tahun ini, ditambah sponsor Mitsubishi, turnamen ini sekarang dikenal sebagai ASEAN Championship 2024 atau lengkapnya ASEAN Mitsubishi Electric Cup 2024 untuk edisi ke-15.
Evolusi logo AFF dari masa ke masa menjadi ASEAN Cup mencerminkan perkembangan sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Perubahan ini tidak hanya sekadar pergantian tampilan, tetapi juga merupakan upaya untuk memperkuat identitas dan semangat kompetisi di antara negara-negara anggota ASEAN.