10 Daerah Produsen Garam Indonesia

10 Daerah Produsen Garam Indonesia

Siap Bangun Negara, Gemawan Dwi Putra

3 months ago

Indonesiabaik.id - Tahukah Anda daerah mana saja di Indonesia yang termasuk daerah penghasil garam terbesar? Benarkah Pulau Madura? Atau Jawa Tengah dan Jawa Barat? Nah sebelum menjawab pertanyaan itu seperti tercatat dalam data yang dirilis Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dari hasil produksi garam rakyat 2015, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa yang dinamakan dengan garam.

Garam dibuat dengan menampung air laut kemudian diuapkan dengan sinar matahari sehingga tinggal kristal-kristalnya garamnya saja. Pembuatan garam secara tradisional yaitu dengan mengalirkan air laut ke dalam tambak-tambak dengan bantuan kincir angin.

Air laut dalam tambak itulah yang kemudian dijemur menggunakan panas matahari untuk menguapkan airnya dan meninggalkan kristal garamnya. Kristal garam yang mengendap kemudian di panen menggunakan garuk dan dikeruk ke pinggir tambak. Sisa airnya disebut air tua atau air nagari yang juga bernilai ekonomis, bahkan diekspor ke Jepang sebagai bahan kosmetika dan obat-obatan.

So, daerah manakah yang menjadi penghasil garam rakyat terbesar di Indonesia? Menurut data yang dirilis oleh Kementerian KKP selama produksi 2015 berdasarkan Kabupaten/Kota, Cirebon tercatat sebagai Kabupaten/Kota dengan jumlah produksi garam rakyat terbesar di Indonesia pada 2015 yaitu sebanyak 435.439 ton. Di posisi kedua dan ketiga ada Sampang dan Pati.

Seterusnya dari posisi empat hingga 10 besar ada Kabupaten/Kota Indramayu, Sumenep, Rembang, Bima, Demak, Pamekasan, dan Kota Surabaya. Kemudian pada urutan ke-11 hingga ke-20 ada Jepara, Brebes, Pangkajene, Jeneponto, Lamongan, Tuban, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, dan Gresik.



    Tag :
  • daerah penghasil garam
  • sentra produksi garam
  • Cirebon
  • garam rakyat
  • daerah produksi garam rakyat
  • kementerian kelautan dan perikanan

Infografis Terkait