Lihat Semua : infografis

3 BLT SIAP Disalurkan di Desember 2022


Dipublikasikan pada 13 days ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Nur Halimah Syafira /   View : 716


Indonesiabaik.id - Pemerintah kembali memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi anak yatim piatu, orang lanjut usia (lansia), dan penyandang disabilitas pada Desember 2022. Pasalnya, Kemensos sudah mengantongi dana tambahan dari Kementerian Keuangan sebesar Rp400 miliar.

Alokasi BLT

3 bantuan langsung tunai (BLT), yaitu BLT anak yatim piatu, BLT orang lanjut usia (lansia), dan BLT penyandang disabilitas cair Desember 2022.

  1. Anak Yatim

Kementerian Sosial (Kemensos) sudah mengantongi database 900.000 lebih anak yatim piatu sebagai penerima BLT. BLT tersebut mulai diberikan pada Desember dengan jumlah Rp200.000 per orang. Targetnya ada sekitar 946.863 orang anak yatim piatu yang bakal mendapatkan BLT tersebut.

  1. Lansia

Sedangkan BLT lansia diberikan bagi mereka yang berusia di atas 80 tahun dan tidak ada lagi yang merawat. Targetnya ada 334.011 jiwa lansia di atas 80 tahun yang hidup sendirian akan mendapatkan BLT.
Pemberian bantuan dilakukan secara harian, BLT diberikan dalam bentuk makanan sehari-hari. BLT ini akan diberikan secara dititipkan kepada ketua RT/RW di tiap daerah.

  1. Penyandang Disabilitas

Kemudian, penyandang disabilitas yang menerima BLT jumlahnya ada sekitar 98.934 orang. BLT akan diberikan per Desember, kira-kira dalam seharinya mereka akan mendapatkan bantuan setara dengan uang sebesar Rp21.000.



Infografis Terkait