Lihat Semua : infografis

4 Fokus Kebijakan dalam APBN 2021


Dipublikasikan pada 3 years ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Ananda Syaifullah /   View : 22.582


Indonesiabaik.id   -   Dalam APBN tahun 2021 mendatang, pemerintah telah menentukan empat fokus kebijakan. Keempat kebijakan itu ialah penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi, dan reformasi struktural.

  1. Penanganan kesehatan

Dalam hal ini, penanganan kesehatan menitikberatkan pada vaksinasi COVID-19. Selain itu, anggaran juga akan dialokasikan untuk penguatan sarana dan prasarana kesehatan, aboratorium penelitian dan pengembangan yang sangat diperlukan.

  1. Perlindungan sosial

Pemerintah akan fokus pada kebijakan perlindungan sosial khususnya kelompok rentan dan kurang mampu.

  1. Pemulihan ekonomi

Pemulihan ekonomi dialokasikan dalam bentuk pemberian dukungan yang lebih besar untuk dunia usaha, sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

  1. Reformasi struktural

Pemerintah akan membangun fondasi yang lebih kuat melalui reformasi struktural bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, dsb.

APBN 2021

Belanja negara dalam APBN tahun 2021 direncanakan sebesar Rp2.750,0 triliun. Dari jumlah itu dialokasikan untuk Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp1.954,5 triliun serta Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp795,5 triliun. 

Tingkat belanja negara tersebut menunjukkan masih besarnya kebutuhan untuk tetap menjaga penguatan penanganan bidang kesehatan dan juga untuk menjaga serta memperkuat pemulihan sosial dan ekonomi, dengan didukung peningkatan efektivitas dan reformasi berbagai program belanja negara.



Infografis Terkait