Lihat Semua : infografis

4 Tingkatan Level Gunung Berapi Sebelum Erupsi


Dipublikasikan pada one month ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 376


indonesiabaik.id - Gunung Semeru mengalami erupsi sejak Sabtu (4/12/2021). Karena itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui beberapa hal mengenai ancaman bahaya gunungapi yaitu tingkat status gunungapi (level) sebelum terjadinya erupsi.

Tingkatan Level Gunungapi

Status Awas merupakan status paling berbahaya dalam sistem peringatan aktivitas vulkanik gunung api di Indonesia. Total ada empat tingkatan status yang masing-masing menandakan kondisi dan aktivitas vulkanik sebuah gunung api.

 

Berikut empat status peringatan tersebut :

  1. Normal

Aktivitas gunungapi, berdasarkan pengamatan hasil visual, kegempaan, dan gejala vulkanik lain, tidak memperlihatkan adanya kelainan.

 

  1. Waspada

Peningkatan kegiatan berupa kelainan yang tampak secara visual atau hasil pemeriksaan kawah, kegempaan dan gejala vulkanik lain.

 

  1. Siaga

Peningkatan semakin nyata hasil pengamatan visual atau pemeriksaan kawah, kegempaan dan metode lain saling mendukung. Berdasarkan analisis, perubahan kegiatan cenderung diikuti letusan.

 

  1. Awas

Tingkatan yang menunjukkan jelang letusan utama, letusan awal mulai terjadi berupa abu atau asap. Berdasarkan analisis data pengamatan, segera akan diikuti letusan utama.



Infografis Terkait