Lihat Semua : infografis

5 Destinasi Surga Bawah Laut di Indonesia


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 4.519


Indonesiabaik.id   -   Indonesia sebagai negara yang memiliki lautan yang sangat luas, tentunya menjadikan alam bawah lautnya pun begitu beragam. Dengan keberagaman alam bawah laut yang mengagumkan, membuat Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit 

Tidak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri untuk melihat surga dunia. Indonesia saja punya alam bawah laut memesona yang layak disebut seperti surga. Tak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk melakukan diving dan snorkeling meskipun lokasinya sangat jauh.

Destinasi Surga Bawah Laut Indonesia

  1. Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur merupakan gugusan pulau yang keindahannya sudah memikat dunia internasional. Salah satu objek wisata yang paling terkenal di kepulauan Derawan adalah spesies ubur-ubur yang tidak berbahaya. 

 

  1. Raja Ampat, Papua Barat

Dengan memiliki setidaknya 610 gugusan pulau, Raja Ampat menjelma menjadi destinasi wisata terfavorit di Indonesia, baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Raja Ampat bahkan telah diakui dunia sebagai pulau yang memiliki jenis terumbu karang terbanyak di seluruh dunia, yaitu sebanyak 75% dari total jenis terumbu karang di seluruh dunia.

 

  1. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi mulai terkenal setelah Ekspedisi Wallacea pada 1995 yang menyebutkan bahwa kawasan ini kaya akan spesies koral. Bayangkan saja, dari total 850 spesies koral di dunia, 750 di antaranya berada di Wakatobi.  Selain itu, lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili dapat ditemukan di Wakatobi. 

 

  1. Bunaken, Sulawesi Utara

Lokasi ini merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Pulau-pulau di dalamnya kaya akan flora dan fauna. 

 

Perairan Taman Nasional Bunaken memiliki 13 genera (genus) karang hidup yang didominasi oleh jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Tercatat sekitar 91 jenis ikan yang hidup di perairan ini.

  1. Karimunjawa, Jawa Tengah

Kepulauan Karimunjawa yang terletak di Jepara, Jawa Tengah merupakan salah satu lokasi diving terbaik di Indonesia. Memiliki kurang lebih 27 pulau yang berjejer dengan menakjubkan, Karimunjawa menawarkan keindahan alam laut yang tidak kalah dari lokasi diving lainnya.



Infografis Terkait