Lihat Semua : infografis

5 Suku Unik yang Ada di Papua


Dipublikasikan pada 10 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Abdurrahman Naufal /   View : 72.966


Indonesiabaik.id - Papua merupakan salah satu daerah yang dikenal dengan kekayaan budaya dan juga tradisinya. Tak heran, jika masih banyak suku yang masih memegang teguh nilai-nilai luhurnya. 

5 Suku Unik Papua

Namun, sudah tahu belum lima suku paling unik yang ada di Papua?

  1. Suku Asmat

Suku Asmat merupakan salah satu suku terbesar yang ada di Papua. Hal yang membuat suku ini lebih terkenal adalah hasil ukiran kayunya yang dianggap sangat unik. Suku Asmat juga terkenal dengan tarian Tobe yang khas. 

 

  1. Suku Dani

Suku Dani menjadi salah satu suku paling populer di Papua. Suku yang mendiami daerah pegunungan, juga menjadi suku terbesar di sana. Keunikan Suku Dani adalah mereka masih mendiami rumah-rumah adat yang diberi nama Honai.

 

  1. Suku Korowai

Dikenal akan keunikannya, yaitu masyarakatnya yang tinggal di sebuah rumah-rumah pohon. Mereka tinggal di atas rumah pohon yang amat tinggi dengan ketinggian mencapai 15-50 meter.

 

  1. Suku Muyu 

Salah satu suku di Papua yang mendiami daerah sekitar Sungai Muyu yang terletak di sebelah Timur Laut Merauke. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Muyu.

 

  1. Suku Amungme

Suku Amungme bisa dikatakan sebagai suku tertua di wilayah timur Indonesia tersebut.  Suku Amungme adalah suku yang terkenal memiliki ikatan kuat dengan gunung. Bagi suku ini, gunung dan sekitarnya adalah sebuah tempat suci yang harus dijaga.



Infografis Terkait