Lihat Semua : infografis

5 Tips Ingatkan Keluargamu Biar Tidak Sebar Hoaks


Dipublikasikan pada one year ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : M. Ishaq Dwi Putra /   View : 783


Indonesiabaik.id   -   Akhir-akhir ini, semakin banyak informasi yang ramai diperdebatkan oleh netizen dari banyak pendapat publik figure khususnya terkait pandemi COVID-19.

 

Bagi orang yang belum mampu menyaring informasi dengan baik akan semakin merasa terombang-ambing karena arus informasi yang berlebihan. Pada akhirnya, informasi hoaks dengan mudahnya dikonsumsi. Bukan hanya dikonsumsi, kurangnya cek dan ricek ketika menerima informasi menyebabkan "korban hoaks" menyebarkan dan membagikan informasi yang dianggapnya benar kepada banyak orang.

 

Banjir informasi terkait COVID-19 menyimpan potensi bahaya tersendiri. Apalagi, pada era digital serta luasnya pemakaian media sosial seperti sekarang, penyampaian berita bohong (hoaks) berjalan lebih cepat dibandingkan virus itu sendiri.

 

Adakah anggota keluarga atau orang terdekatmu ikut percaya dan menyebarkan hoaks seputar COVID-19? Perilaku menyebarkan berita yang belum tentu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya harus sejak dini dicegah, dimulai dari lingkungan terdekat kita, keluarga, misalnya.

 

Yuk, coba deh main cantik buat mengingatkannya.

  1. Jangan langsung mengatakan kalau mereka menyebarkan informasi salah.

  2. Beritahu secara personal

Mereka pasti akan lebih menerima ketika ditegur secara personal daripada di tempat umum. 

  1. Ajaklah bersama untuk mencari informasi

Coba ajak mereka untuk membandingkan berita yang dikonsumsi dengan sumber yang lebih kredibel. 

  1. Beritahu mereka rujukan informasi yang kaya akan data, seperti sumber pemerintahan, jurnal ilmiah, badan/lembaga, organisasi dunia hingga laman kedokteran.

  2. Perlahan, beritahu bahwa tokoh terkenal/publik figur apapun profesi dan gelarnya bukan jaminan 100% kebenaran. Cek ricek hal paling penting.



Infografis Terkait