Lihat Semua : infografis

7 Bandara dengan Arsitektur Unik di Indonesia


Dipublikasikan pada 2 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Alfin Ardian /   View : 537


Indonesiabaik.id - Sejumlah bandara di Tanah Air juga memiliki desain arsitektur yang terbilang unik dan menggambarkan kearifan lokal wilayahnya. Hal ini perlu menjadi kebanggan bagi Indonesia, sebab bandara merupakan pintu gerbang bagi para pelaku perjalanan baik itu domestik maupun internasional.

7 Bandara Unik di Indonesia

  1. Bandara Buntu Kunik

Bandara yang terletak di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, ini termasuk dalam wilayah 3TP. Didesain bernuansa kearifan lokal rumah adat Tana Toraja yaitu Tongkonan.

  1. Bandara Sultan M. Kaharuddin

Bandara dengan desain heksagonal ini berada di Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Bentuknya menyerupai sarang lebah, menggambarkan Sumbawa yang terkenal sebagai penghasil madu.

  1. Bandara Mopah

Bandara ini berlokasi di Kota Merauke, Papua. Terminal penumpangnya didesain dengan terinspirasi dari burung kasuari yang merupakan salah satu fauna endemik di Papua.

  1. Bandara Domine Eduard Osok

Bandara yang terletak di Kota Sorong, Papua Barat, ini memiliki terminal penumpang yang eksteriornya didesain menyerupai buah pinang.

  1. Bandara Tjilik Riwut

Bandara di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tersebut memiliki terminal yang didesain dengan nuansa modern berwarna putih dan memiliki bentuk atap yang terinspirasi dari paruh Burung Enggang khas Kalimantan Tengah

  1. Bandara Minangkabau

Bandara di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, ini memiliki arsitektur khas rumah adat Minangkabau, yakni rumah gadang.

  1. Bandara Ngloram

Bandara yang berlokasi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, tersebut didesain dengan tiang-tiang utama dan atap yang terinspirasi dari pohon jati beserta daunnya.



Infografis Terkait