Lihat Semua : infografis

718 Bahasa Daerah Tersebar di Indonesia


Dipublikasikan pada 9 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 17.141


Indonesiabaik.id - Indonesia menjadi salah satu negara dengan bahasa paling banyak di dunia. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (Kemendikbud Ristek) terdapat 718 bahasa yang tersebar di tanah air.

Sebaran Jumlah Bahasa Daerah

Berdasarkan wilayahnya, Papua menjadi provinsi dengan bahasa daerah terbanyak di Indonesia. Ada 326 bahasa daerah yang digunakan di Bumi Cenderawasih. Papua Barat menyusul di posisi kedua dengan 102 bahasa daerah. Beberapa bahasa daerah yang ada di Papua Barat, antara lain bahasa Bantanta, Esaro, dan Kalabra.

Setelahnya ada Nusa Tenggara Timur yang memiliki 72 bahasa daerah. Kemudian, ada 62 bahasa daerah yang digunakan di Maluku. Selanjutnya, disusul oleh Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tengah yang memiliki 23 dan 21 bahasa daerah.

Jika dilihat paling sedikit, Kepulauan Riau dan Yogyakarta menjadi provinsi dengan bahasa daerah paling sedikit di Indonesia. Hanya satu bahasa daerah yang digunakan di kedua provinsi itu. Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kepulauan Bangka Belitung juga termasuk provinsi dengan bahasa daerah paling sedikit di Indonesia. Ketiga provinsi tersebut hanya menggunakan dua bahasa daerah di masing-masing wilayah.

Untuk lebih jelasnya, bisa cek pada infografis di atas ya SohIB!



Infografis Terkait