Lihat Semua : infografis

8 Platform Pembelajaran Jarak Jauh Solusi Social Distancing


Dipublikasikan pada 6 months ago / Riset, Rosi Oktari / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 1.624


Indonesiabaik.id   -   Seiring dengan kebijakan pemerintah menyikapi penanganan Virus Corona atau COVID-19, masyarakat diimbau untuk melakukan gerakan Social Distancing.Pembatasan yang diberlakukan oleh lembaga pemerintah telah berdampak kepada rutinitas harian bagi jutaan orang, termasuk siswa di Indonesia.

Pasalnya, beberapa sekolah dan universitas di daerah tertentu yang terkena dampak telah meliburkan belajar tatap muka dalam waktu tertentu demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di beberapa wilayah. 

Lalu, bagaimana nasib pembelajaran siswa selama tidak melakukan pembelajaran di sekolah?

Terkait hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah melakukan koordinasi dan dukungan bersama mitra dari sektor swasta untuk melakukan sistem belajar secara daring.  Dengan teknologi internet dan perangkat pintar, kegiatan belajar mengajar kini dapat dilakukan pula di rumah.

Ini dia 8 Platform Pembelajaran Jarak Jauh yang bisa jadi solusi buat kamu saat Social Distancing

  1. Rumah Belajar

Adalah aplikasi pembelajaran jarak jauh milik Kemendikbud berbasis portal dan android 

Akses: belajar.kemdikbud.go.id

  1. Google: Google Suite for Education

Salah satu fitur yang dimaksud misalnya Classroom. Guru bisa membuat “kelas” yang diikuti oleh siswa-siswanya, guru bisa melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, memberikan penilaian, bahkan streaming video.
Akses: edu.google.com

  1. Kelas Pintar 

Aplikasi ini bisa akses gratis selama sebulan untuk guru dan siswa di seluruh Indonesia. Kelas pintar tersedia beragam materi ajar untuk para siswa. Terdapat juga fitur-fitur lainnya, seperti fitur assesment yang memungkinkan guru untuk berinteraksi dengan murid secara online.

Akses: www.kelaspintar.id

  1. Microsoft: Office 365 for Education 

Office 365 Education mencakup fitur Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, plus alat ruang kelas lainnya. Dengan layanan ini, guru dan murid bisa menciptakan ruang kelas yang terus terkoneksi secara online.
Akses: www.microsoft.com

  1. Quipper School 

Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Lewat platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa secara online. Sedangkan siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian juga secara online dengan mudah.

Akses: www.quipper.com


 

  1. Ruangguru 

Ruangguru membuka program sekolah online gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, dari pukul 08.00-12.00 WIB setiap Senin sampai Jumat. 

Sekolah online tersedia untuk semua jenjang kelas dan mata pelajaran inti, dengan kurikulum nasional, dan dipandu oleh guru dari Ruangguru. Program ini bisa dimanfaatkan oleh semua pengguna aplikasi baik yang sudah berlangganan maupun belum.

Akses: ruangguru.com / aplikasi Ruangguru.

  1. Sekolahmu

Sekolahmu tengah membuka semua materi pelajarannya secara gratis seiring kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah di tengah wabah corona. Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube, dipandu guru dari berbagai sekolah.

Akses: www.sekolah.mu 

  1. Zenius 

Zenius menyediakan layanan belajar mandiri gratis dalam rangka persiapan Ujian Nasional. Pengguna Zenius bisa mengakses puluhan ribu video materi belajar lengkap untuk SD, SMP, SMA untuk kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.
Akses: www.zenius.net



Infografis Terkait