Lihat Semua : infografis

Ada Lho Istilah Waktu Selain Kemarin, Besok dan Lusa


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Chyntia Devina /   View : 4.181


Indonesiabaik.id - Keterangan waktu merupakan salah satu unsur penting dalam menerangkan terjadinya suatu peristiwa baik yang sudah terjadi maupun yang akan direncanakan. Kata keterangan waktu yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia yakni hari ini, besok atau lusa.

Namun, apakah kalian tahu jika ada beberapa kata keterangan waktu lainnya yang jarang digunakan atau bahkan jarang diketahui maknanya oleh kebanyakan orang?

Penyebutan hari atau keterangan waktu

  1. Selumbari

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, selumbari berarti kemarin dulu, yang artinya dua hari setelah hari ini. Jadi, jika hari ini adalah hari Senin, maka selumbari adalah hari Sabtu.

 

  1. Kemarin

Kata kemarin adalah kata yang sudah diketahui oleh semua orang yang berarti satu hari sebelum hari ini. Artinya, jika hari ini adalah hari Senin, maka kemarin adalah hari Minggu.

 

  1. Hari ini

Hari ini adalah kata ganti keterangan waktu untuk tidak menyebut nama hari di hari yang sama, misalkan hari ini adalah hari Senin. 

 

  1. Besok

Arti kata besok adalah satu hari setelah hari ini. Jadi, jika hari ini adalah hari Senin, maka besok adalah hari Selasa.

 

  1. Lusa

Lusa sendiri berarti dua hari setelah hari ini. Jadi, jika hari ini adalah hari Senin, maka lusa adalah hari Rabu.

 

  1. Tulat

Kata tulat memang jarang digunakan oleh kebanyakan orang dan bahkan banyak orang yang tidak mengetahui artinya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tulat berarti hari sesudah lusa atau hari ketiga setelah hari ini. Jadi, jika hari ini adalah hari Senin, maka tulat adalah hari Kamis.

 

  1. Tubin

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tubin berarti hari keempat setelah hari ini atau dua hari setelah lusa. Artinya, jika hari ini adalah hari Senin, maka tubin adalah hari Jumat.



Infografis Terkait