Lihat Semua : infografis

Adu Cepat Kereta Cepat


Dipublikasikan pada 4 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Yuli Nurhanisah / Desain : Irfan Nur Rahman /   View : 1.636


Indonesiabaik.id - Perkembangan teknologi dalam industri kereta berkontribusi menciptakan berbagai inovasi, termasuk mengembangkan kereta dengan kecepatan tinggi. Bahkan, sebentar lagi, Indonesia akan memiliki Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang bakal beroperasi pada 18 Agustus 2023.

Selain Indonesia, ternyata beberapa negara lain juga memiliki kereta yang kecepatannya lebih tinggi lagi. Teknologi kereta berkecepatan tinggi telah diterapkan di berbagai negara, termasuk Cina, Jepang,  Prancis, dan Korea Selatan.

Perbandingan Kecepatan Kereta Cepat

  1. Shinkansen Seri L0

merupakan kereta tercepat di dunia yang berasal dari Jepang dengan rekor kecepatan 602 kilometer per jam (km/jam). Seri L0 adalah kereta maglev yang dikembangkan oleh Central Japan Railway Company dan dirilis pada November 2012.

  1. TGV POS

TGV POS dari Prancis dapat melaju hingga kecepatan 575 km/jam. Kereta ini diproduksi oleh perusahaan manufaktur Alstom dan dikelola oleh French State Railways (SNCF).

  1. Shanghai Maglev

Kereta maglev Shanghai atau Shanghai Transrapid adalah kereta levitasi magnetik yang beroperasi di Shanghai, Cina. Kereta ini merupakan maglev komersial tertua berkecepatan tinggi pertama dengan kecepatan 431 km/jam.

  1. HEMU-430X

HEMU-430X adalah kereta cepat asal Korea Selatan yang ditujukan untuk kecepatan maksimum 430 km/jam. Pada 31 Maret 2013, kereta ini mencapai 421,4 km/jam dalam uji coba, menjadikan Korea Selatan sebagai negara keempat di dunia setelah Prancis, Jepang, dan Cina yang mengembangkan kereta berkecepatan tinggi.

  1. Kereta Cepat Jakarta- Bandung

Dilansir dari situs PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), kereta yang dijuluki Red Comodo ini bisa menampung 601 penumpang. Kecepatan maksimal KCJB saat operasional bisa mencapai 350 kilometer per jam. Namun, dalam uji coba menggunakan kereta inspeksi, kecepatan teknis bisa mencapai 385 kilometer per jam.

  1. ICE3

ICE3 memiliki kecepatan maksimal 330 kilometer per jam. Kereta ini menghubungkan kota Cologne-Frankfurt yang berjarak 180 kilometer.

  1. Al Boraq

Al Boraq menjadi satu-satunya kereta cepat di benua Afrika. Diresmikan pada November 2018, kereta ini mampu melaju hingga 320 kilometer per jam.

Melihat Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bakal beroperasi pada 18 Agustus 2023. Hadirnya kereta cepat membuat perjalanan Jakarta-Bandung dapat ditempuh dalam waktu sekitar 46 menit.Kecepatan maksimal KCJB saat operasional bisa mencapai 350 kilometer per jam

Dilansir dari situs PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), kereta yang dijuluki Red Comodo ini bisa menampung 601 penumpang. Rencananya akan ada 3 kelas, yakni kelas VIP dengan total 18 penumpang, kelas 1 dengan total 28 penumpang dan kelas 2 dengan total 555 penumpang.

KCJB diklaim menjadi proyek kereta cepat pertama di Indonesia dan juga di Asia Tenggara yang telah diinisiasi sejak tahun 2015. Kereta cepat Indonesia hasil kolaborasi dengan CRRC Qingdao Sifang yang menempuh jarak 142,3 km.



Infografis Terkait