Agar Anak Langsung Jos di Hari Pertama Sekolah

Siap Bangun Negara , Oktanti Putri Hapsari

2 months ago



Indonesiabaik.id - Hari-hari pertama anak masuk sekolah adalah hari yang sangat dinantikan oleh orang tua. Tentu saja di hari pertama, anak-anak perlu mendapatkan pengalaman yang baik saat mereka berada di sekolah. Terkadang hal ini pun akan membuat orang tua akan sedikit cemas dengan kondisi si anak. Ini adalah hal yang wajar, karena hari-hari anak yang biasanya bersama orang tua di rumah, kini mereka harus berada di sekolah bersama guru-guru dan teman yang baru.

Namun antusiasme tersebut seringkali bersimpangan dengan beragam kekhawatiran. Kita pasti memilih sekolah yang kira-kira cocok untuk anak, namun sebagaimana sebuah lingkungan baru, anak tentu akan belajar beradaptasi, seperti halnya seorang petualang yang menjelajahi belantara baru. Anak akan melihat banyak hal yang mungkin membuatnya takjub sekaligus terkejut di hari pertama sekolah.

Anak yang lebih kecil belajar menyesuaikan diri dengan berada di luar rumah, atau jam sekolah yang lebih lama. Sedangkan anak yang lebih besar mungkin merindukan sahabat di kelasnya terdahulu, yang ternyata sekadang berbeda kelas dengannya. Sebagian kecil – mungkin termasuk anak Anda – mengalami apa yang namanya pindah sekolah. Nah, apa yang kira-kira dapat Ayah Ibu lakukan agar anak dapat menghadapi hari pertama ia sekolah dengan antusias?

Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain kenalkan anak makna sekolah saat anda meminta anak melakukan sesuatu, anak perlu tahu alasan mengapa mereka harus melakukan hal tersebut. Dengan begini, si anak akan dapat menangkap makna dan maksud dari apa yang anda perintahkan, termasuk saat anda meminta mereka untuk bersekolah. Beritahukan pada anak akan pentingnya sekolah, fungsi dari anak bersekolah dan apa tujuan dari sekolah itu. Hal ini tentunya, bisa dilakukan ketika anda bersama dengan anak memiliki waktu berdua. Sampaikan hal ini dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Selain itu, buat anak mendengarkan dan tertarik dengan obrolan ini, agar makna dan tujuan anda bisa didapatkan oleh si anak dengan lebih baik.

Pun harus dilakukan melatih kemandirian dan tanggung jawab dari si anak. Bagi siswa yang baru, sosok guru bisa menjadi seorang sosok yang asing, dan bahkan menyeramkan. Maka anda perlu mengajak anak berkenalan dengan gurunya. Tidak hanya menyebutkan namanya saja, ajak anak untuk mengobrol singkat dengan guru. Atau anda bisa juga mengajak anak bermain bersama guru, dan tentu saja ditemani oleh anda sebagai orang tua. Hal lainnya adalah aneka aktivitas menyenangkan tentu saja sangat diperlukan di hari pertama masuk sekolah. Aneka aktivitas yang menyenangkan tersebut antara lain: mendongeng, menyanyikan lagu anak, melakukan kreatifitas dan mengadakan permainan-permainan.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kemendikbud
  • kementerian pendidikan dan kebudayaan
  • hps
  • hari pertama sekolah
  • tips hari pertama masuk sekolah

Infografis Terkait