Lihat Semua : infografis

Agar Tidak Lemas Saat Puasa


Dipublikasikan pada 2 years ago / Riset, Siap Bangun Negara / Desain, Oktanti Putri Hapsari /   View : 1.339


Indonesiabaik.id - Di kala menjalani ibadah puasa, tak sedikit orang yang mengeluhkan dirinya menjadi lemas dan kerap mengantuk. Kondisi ini tentunya akan menghambat aktivitas sehari-hari, terlebih bagi mereka yang memiliki setumpuk pekerjaan. Nah, agar tetap produktif dan bertenaga di kala berpuasa, ikuti beberapa tips agar tidak mudah lemas saat puasa berikut ini.

Bila ingin tetap segar dan produktif selama menjalani ibadah puasa, maka mulailah dengan menyantap menu sahur yang sehat dan bergizi tinggi. Pastikan untuk minum air putih 8 gelas/harinya. Kemudian tidurlah secepatnya di malam hari, hindari begadang jika memang tak dibutuhkan. Jangan lupa untuk tetap berolahraga dan bila memang diperlukan, konsumsilah multivitamin sebagai penambah daya tahan tubuh.

Juga hindari minum teh dan kopi saat sahur, karena membuat seseorang menjadi sering buang air kecil dan menyebabkan cadangan cairan tubuh berkurang. Pun disarankan untuk santap sahur dekat waktu imsak. Dianjurkan untuk makan dan minum sahur jelang waktu imsak, karena ini lebih baik, karena tubuh mendapat cadangan energi lebih banyak.

Lantas jangan tidur siang berlebihan. Tidur siang minimal 30 menit dan usahakan tidur malam lebih awal untuk mengganti jam tidur yang berkurang saat puasa. Tetap makan buah dan sayur saat sahur dan berbuka, karena ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, mineral, dan zat bergizi lainnya.



Infografis Terkait