Lihat Semua : infografis

Al Rihla, Bola Piala Dunia Asal Indonesia


Dipublikasikan pada 5 months ago , Redaktur: Andrean W. Finaka, Riset : Rosi Oktari / Desain : Chyntia Devina /   View : 3.570


indonesiabaik.id - Bola resmi FIFA World Cup 2022 Qatar, dibuat di Indonesia, tepatnya dari kota yang mendapat julukan Kota Pendekar, yaitu Madiun.

Fakta Bola Al Rihla Asal Indonesia

Nama Al Rihla berasal dari bahasa Arab yang artinya "Perjalanan", merupakan bola ke-14 yang diproduksi PT Global Way bersama Adidas.

Lokasi produksinya berada di Indonesia dan Tiongkok. Namun sebanyak 60-70% atau lebih banyak diproduksi Indonesia tepatnya Madiun, Jawa Timur.

Bola ini nyatanya dipercaya oleh brand ternama di dunia dan bahkan telah diekspor ke 5 negara seperti Brasil, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Jerman, hingga Inggris.

Khusus untuk Piala Dunia FIFA 2022 ini, bola poduksi asli Indonesia ini akan dikirim ke Inggris sebanyak 1 juta bola.

Spesifikasi Bola Al Rihla Piala Dunia 2022

Al Rihla memiliki tiga paduan warna cerah dan berani pada kulit bola yaitu hitam, biru, dan merah.

Desainnya berbentuk panel, terinspirasi dari perahu Dhow tradisional.

Bola ini memiliki sejumlah kelebihan ssat di lapangan, yakni retensi bola terhadap udara yang bisa maksimal, tingkat akurasi, dan keandalan tertinggi di lapangan, serta memiliki kecepatan akibat tendangan dan konsistensi yang bisa terjaga di lapangan. Lebih dari itu, bola ini diklaim ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Terdapat dua desain teknologi baru yang membuat bola tersebut memiliki kecepatan tanpa melewatkan akurasi dan stabilitas, yakni CTR-CORE dan Speedshell.

  • CTR-CORE

CTR-CORE adalah bagian inti bola yang inovatif didesain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat dan tepat dengan retensi bentuk dan udara yang maksimum.

  • Speedshell

Speedshell merupakan kulit polyurethane (PU) pada bola yang memiliki tekstur mikro dan makro serta dilengkapi dengan bentuk panel dengan 20 bagian terbaru, yang meningkatkan aerodinamika untuk meningkatkan akurasi, stabilitas, dan tembakan yang tajam.



Infografis Terkait