Alasan Penting Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Siap Bangun Negara , M. Ishaq Dwi Putra

2 months ago



Indonesiabaik.id - Libur telah usai, tahun ajaran baru sebentar lagi dimulai. Biasanya rutinitas orangtua saat menyambut datangnya tahun ajaran baru adalah mempersiapkan perlengkapan sekolah anak. Namun, satu hal penting yang sering dilupakan adalah menyisihkan waktu untuk mengantar anak ke sekolah di hari pertama tahun ajaran baru.

Kegiatan mengantar anak dihari pertama masuk sekolah dapat menjadi jembatan antara orangtua dan sekolah. Selain ajang perkenalan bagi orangtua dengan sekolah baru buah hatinya, akan ada banyak informasi yang harus diketahui orangtua saat mengantar anaknya ke sekolah di hari pertama ajaran baru. Hal lain yang tidak kalah penting untuk diketahui orangtua saat mengantar buah hatinya di hari pertama masuk sekolah adalah bagaimana menjalin koneksi antara sekolah, guru, dan orangtua murid.

Pentingnya aktivitas mengantar anak saat hari pertama masuk sekolah ini juga disampaikan Kemendikbud. Dikutip dari sahabatkeluarga.kemdikbud mengatakan bahwa keterlibatan orangtua sangat penting dalam mendampingi anak di hari pertama sekolah, karena dapat membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan di sekolah.

Mengantarkan anak ke sekolah adalah kesempatan membangun hubungan positif antara lingkungan pendidikan di rumah dan sekolah. Mengantar bukan sekadar sampai sampai gerbang sekolah lantas pergi. Mengantar berarti menemani dan membangun interaksi dengan guru dan orangtua murid lainnya.

Harus diingat pula bahwa sekolah adalah rumah kedua anak. Karena anak menggunakan sebagian waktunya di sekolah. Mereka paling tidak mengisi 1/3 harinya dengan belajar dan berkegiatan di sekolah. Blajar dan berkegiatan di sekolah dilakukan dalam 5-6 hari dan bertahun-tahun lho. So, ada wajah masa depan anak di sekolah.



    Tag :
  • infografis
  • yang muda suka data
  • kemendikbud
  • kementerian pendidikan dan kebudayaan
  • hps
  • hari pertama masuk sekolah
  • tips hari pertama masuk sekolah

Infografis Terkait