Lihat Semua : infografis

Apa Manfaat Aplikasi PeduliLindungi?


Dipublikasikan pada 2 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 644


Indonesiabaik.id - Pemerintah menyesuaikan sejumlah aturan guna mengendalikan kasus Covid-19 di Indonesia, tetapi tetap memperhatikan sektor ekonomi agar terus berjalan. Salah satu penyesuaiannya dalam aturan itu adalah masyarakat wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dalam melakukan sejumlah kegiatan.

Lantas, apa saja manfaat aplikasi PeduliLindungi?

  1. Memberikan peringatan pada pengguna 

Dilansir dari laman covid19.go.id, pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada pasien dalam pengawasan.

 

  1. Pengawasan (surveillance) 

Dengan informasi lokasi pengguna yang dibagikan saat bepergian, memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar Covid-19 selama 14 hari terakhir.

 

  1. Mengunduh sertifikat vaksin

Masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 bisa mengunduh sertifikat vaksin lewat fitur yang ada di aplikasi ini.

 

  1. Informasi hasil tes Covid-19

Dalam aplikasi PeduliLindungi juga terdapat fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

 

  1. Sebagai bukti untuk mengakses layanan publik

Aplikasi ini sangat berguna bagi petugas di bandara, pusat perbelanjaan atau di tempat lainnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum.



Infografis Terkait