Lihat Semua : infografis

Apa Saja Syarat Ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka?


Dipublikasikan pada 3 months ago / Riset, Yuli Nurhanisah / Desain, Abdurrahman Naufal /   View : 1.509


Indonesiabaik.id - Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ditargetkan akan diikuti oleh 20.000 (dua puluh ribu) mahasiswa pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Sebelum mendaftar, alanglah baiknya jika mahasiswa mengetahui apa saja syarat-syaratnya.

Syarat Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Program ini memungkinkan terjadinya pertukaran mahasiswa antarpulau baik dari PTN ke PTS maupun sebaliknya. Oleh karena itu, perguruan tinggi wajib memberikan konversi dan pengakuan sistem kredit semester (SKS) sebanyak 20 SKS bagi mahasiswa yang mengikuti program ini.

Selain itu, persyaratan lainnya yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa adalah:

  1. Mahasiswa aktif dan terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-DIKTI) pada semester 3 sampai dengan 8
  2. Mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di seluruh Indonesia hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti dan memperoleh bantuan biaya program Pertukaran Mahasiswa Merdeka
  3. Memiliki IPK sekurang-kurangnya 2.75 dan/atau berprestasi sekurang-kurangnya ditingkat provinsi yang ditunjukkan dengan bukti yang resmi
  4. Memiliki kemampuan dan peluang untuk mengembangkan penalaran, wawasan, serta berintegritas, kreatif dan inovatif
  5. Tidak pernah dikenakan sanksi akademik dan non akademik pada perguruan tinggi pengirim
  6. Bersedia mentaati seluruh ketentuan yang tertulis di dalam POB program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Sebagai informasi, Pertukaran Mahasiswa Merdeka dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta mahasiswa terhadap keberagaman budaya tanah airnya serta mendorong penguatan dan perluasan kompetensi akademik mahasiswa.

Program ini direncanakan akan dimulai pada semester depan, yaitu Agustus 2021-Januari 2022. Karenanya, bagi yang berminat dapat mengakses tautan http://bit.ly/PertukaranMahasiswaMerdeka dan follow akun Instagram @PertukaranMahasiswaMerdeka untuk mendapatkan informasi lebih detail.



Infografis Terkait